Ekonomi Bisnis - Strategi Pemasaran untuk Bisnis
Dewasa ini, ada bermacam-macam strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan. Hal ini tentunya disebabkan oleh perkembangan teknologi dan minat customer yang kerap kali mengalami perubahan. Perlu diingat bahwa kumpulan strategi ini belum tentu bisa dimanfaatkan oleh semua perusahaan.
Maka dari itu, sebelum memilih strategi, pastikan dulu bahwa ia sudah sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki oleh bisnismu.Nah, berikut ini strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis anda.
1. Content marketing
Salah satu strategi pemasaran yang paling sering digunakan oleh perusahaan adalah content marketing. Jenis pendekatan ini berfokus pada pembuatan dan pendistribusian informasi atau konten yang relevan dengan kebutuhan prospek. Hal ini dilakukan secara rutin guna menarik minat prospek dan mendorong mereka pada proses pembelian produk atau layanan.
Karena fokus strategi ini adalah komunikasi, konten dapat disesuaikan untuk mencerminkan keperluan para prospek dari waktu ke waktu. Konten juga dapat dibentuk dalam berbagai format seperti, infografis, podcast, video, artikel blog, webinar, dan e-book.
2. Inbound marketing
Menurut Engage Bay, strategi pemasaran yang sekarang ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan adalah inbound marketing. Metode satu ini merupakan strategi marketing B2B yang paling efektif dan unik. Sebab, tidak seperti metode pemasaran tradisional, di sini marketer memproduksi dan menyediakan konten yang sudah dipersonalisasi sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan.
Prinsip kerja dari inbound marketing sendiri adalah mengembangkan bisnis dengan membangun hubungan jangka panjang bersama customer dan prospek. Tujuannya supaya produk atau layanan perusahaan terus mendampingi customer dalam buyer’s journey mereka.
3. Paid marketing
Strategi pemasaran berikutnya yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan ternama merupakan paid marketing atau kampanye berbayar. Metode ini mengacu pada strategi di mana marketer harus menargetkan iklan kepada customer dan prospek berdasarkan minat, tujuan, atau interaksi mereka dengan brand. Kampanye pemasaran ini dapat memanfaatkan lebih dari satu saluran digital, termasuk SERP, platform media sosial, dan situs web yang berbasis komunitas.
Selain iklan bergambar yang bisa ditemukan di SERP dan halaman web, paid marketing juga bisa hadir dalam bentuk posting sosial media bersponsor dan artikel dalam blog tamu. Paid marketing sendiri adalah sebuah strategi yang biasa digunakan oleh perusahaan B2C.
4. Organic marketing
Organic marketing adalah strategi pemasaran lainnya yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Melansir Glofox, metode ini mengacu pada strategi marketing alami yang digunakan untuk mengarahkan traffic situs, menghasilkan prospek, dan meningkatkan rasio konversi. Strategi ini mendorong perusahaan untuk tidak menghabiskan uang secara langsung demi keperluan iklan, atau yang dikenal dengan paid marketing. Kampanye organic marketing sendiri melibatkan taktik yang tidak mahal, bahkan terkadang gratis, dan dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis dalam periode jangka panjang.
5. Social media marketing
Menurut Weidert, social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling jitu untuk perusahaan B2C. Dalam bisnis B2C, social media marketing merupakan strategi yang kuat karena bisa menjangkau audiens lebih cepat tanpa dibatasi ruang dan waktu. Tak hanya itu, social media marketing juga bisa membangun hubungan yang interaktif dan rasa percaya pada konsumen maupun calon konsumen.
Jenis pemasaran ini berfokus pada penyediaan konten yang menurut pelanggan berharga pada jejaring sosial mereka untuk meningkatkan visibilitas dan traffic situs web. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara berbagi konten dalam bentuk artikel, video, dan gambar di platform media sosial.
Social media marketing juga memengaruhi upaya SEO. Pasalnya, ia sering kali meningkatkan relevansi dalam hasil pencarian dalam media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram serta search engine seperti Google dan Yahoo.
Semoga Bermanfaat ...
Admin : Fera Ardianti, SE
Web Blog : Blogger Sidrap