Pahami 5 Strategi Bisnis Moderen Untuk Marketing Produk Anda

Ekonomi Bisnis - Berikut adalah daftar dan penjelasan mengenai cara menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk anda :

1. Lakukan market research
Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memilih strategi pemasaran adalah market research. Di sini, yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi situasi, termasuk lingkungan internal dan eksternal pasar. Setiap keunggulan kompetitif yang ditemukan harus menjadi dasar dari strategi yang dipilih. Akan tetapi, ia juga harus sesuai dengan permintaan pelanggan. Market research dapat membantumu untuk memahami lingkungan bisnis yang lebih luas dan menentukan kebutuhan pelanggan yang spesifik.

2. Analisis segmen pelanggan perusahaan
Hal berikutnya yang perlu dilakukan sebelum menentukan strategi pemasaran adalah analisis segmen pelanggan. Dalam tahap ini, kamu bisa manfaatkan market research untuk mengembangkan profil pelanggan yang sudah ditargetkan dan identifikasi kebutuhan mereka. Profil tersebut akan mengungkapkan pola pembelian mereka, termasuk cara membeli, di mana pelanggan melakukan pembelian, dan apa yang mereka beli. Setelah itu, periksa tren pelanggan secara teratur agar strategi yang diterapkan bisa tetap relevan dengan kebutuhan customer dan pasar.

3. Lakukan riset terhadap kompetitor
Melakukan riset terhadap kompetitor juga menjadi langkah yang penting sebelum kamu menentukan strategi pemasaran. Manfaatkan inisiatif ini untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan hal-hal yang membuat bisnis pesaing lebih unggul. Kamu juga bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses kerja internal perusahaan untuk meningkatkan kualitas eksekusi strategi dibandingkan dengan kompetitor.

4. Sediakan rencana tambahan
Setelah melakukan riset, hal yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan strategi pemasaran adalah menyediakan rencana tambahan. Hal ini cukup penting, terutama bagi perusahaan berkembang yang sedang meningkatkan brand awareness. Rencana tambahan juga diperlukan agar brand bisa mencapai tujuan pemasaran dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, untuk meningkatkan awareness pada kelompok audiens yang muda, kamu dapat meningkatkan kehadiran brand di media sosial. Hal itu bisa dilakukan dengan memposting tentang produk di Instagram secara rutin.

5. Uji coba strategi
Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah untuk menguji coba strategi pemasaran. Di sini, kamu dan tim perlu meluncurkan riset online, uji coba ide, dan melakukan pendekatan pada pelanggan. Setelah itu, tinjau hasil yang muncul. Apabila pelanggan memberikan feedback yang baik dan hasil penjualan meningkat, kamu dan tim telah memilih strategi yang tepat.

Kamu juga bisa ikut berbagai kelas marketing di Glints ExpertClass. Hanya di sini, kamu akan dibimbing langsung dan diajari ilmu menyusun strategi yang tepat bersama dengan para pakar di industri. Skill marketing bertambah, karier pun semakin melesat.

Admin : Nur Fitriani Amelia, SE
Web Blog : Tau Kasiasi




Previous
Next Post »