Strategi Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif Saat Ini

Ekonomi Bisnis - Agar dapat memilih contoh strategi strategi pemasaran yang paling efektif, sebuah perusahaan perlu melihat aspek terpenting untuk menunjang bisnisnya. Apa saja contoh strategi pemasaran yang bisa dilakukan suatu perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Iklan Berbayar
Iklan berbayarContoh strategi marketing pertama adalah iklan berbayar. Jika menggunakan iklan berbayar, perusahaan akan membayar penyedia ruang iklannya. Tujuannya supaya dapat menampilkan produknya di ruang yang sudah dibayarkan tersebut. Harga yang dibayarkan oleh perusahaan umumnya akan ditentukan melalui proses negosiasi. Negosiasi akan dilakukan oleh penyedia ruang iklan dan tim pemasaran perusahan. Iklan berbayar ini terdiri dari beberapa kategori.

Seperti banner atau display, pay-per-click atau PPC, dan pay-per-impression atau PPI. Cara menggunakan iklan berbayar ini dinilai sangat efektif. Sebab perusahaan dapat menunjukan nama produk sekaligus perusahaannya kepada masyarakat dengan skala yang luas.

2. Pemasaran Transaksional
Pemasaran transaksionalPemasaran transaksional juga menjadi salah satu contoh strategi pemasaran. Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi suatu perusahaan adalah memenuhi target dari penjualan produk atau jasanya. Akan tetapi, keadaan dari strategi pemasaran transaksional ini dinilai cukup efektif dalam mengatasi masalah tersebut.

Perusahaan yang menggunakan contoh strategi pemasaran ini dapat menarik konsumen melalui hal-hal menarik. Contohnya seperti dengan diskon, kupon belanja, promosi dan acara yang diadakan dalam skala besar. Hal itu tentu akan membuat para konsumen tergiur dan tertarik membeli lebih banyak produk yang ditawarkan melalui contoh strategi pemasaran ini.

3. Pemasaran Media Sosial
Pemasaran media sosialContoh strategi pemasaran selanjutnya adalah pemasaran melalui media sosial. Media sosial adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh penting di dalam kehidupan. Saat ini, bahkan media sosial sudah menjadi kehidupan kedua masyarakat. Lebih dari 2,8 miliar orang yang aktif menggunakan media sosial. Oleh sebab itu, contoh strategi pemasaran yang menggunakan media sosial adalah hal yang sangat menguntungkan. Pemasaran media sosial juga terbilang mudah dilakukan.

Tidak hanya akan mendapat target lebih banyak, contoh strategi pemasaran ini juga akan irit biaya. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan strategi pemasaran ini. Hasilnya pun juga terbilang cukup efektif. Contoh strategi pemasaran dengan media sosial ini akan berfokus pada penggunaan situs. Selain itu, akan difokuskan juga pada aplikasi media sosial. Conrohnya seperti Twitter, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Melihat cakupannya yang sangat luas, para perusahaan bisa membangun brand mereka dalam waktu yang singkat. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan perusahaan.

4. Pemasaran interaktif
Pemasaran interaktifContoh strategi pemasaran selanjutnya adalah pemasaran interaktif. Strategi pemasaran interaktif akan melibatkan partisipasi dari para konsumen. Hal ini membuat konsumen ikut serta dalam proses pemasaran yang dilakukan perusahaan itu sendiri. Contohnya seperti perusahaan yang akan mencantumkan nama konsumen di dalam strategi pemasarannya. Dapat juga dilakukan sebuah kustomisasi lainnya dalam produk yang masuk kategori edisi terbatas.

Metode ini akan memungkinkan seorang konsumen mendapatkan informasi terbaru dari produk tersebut. Dengan begitu, angka permintaan konsumen terhadap produk atau jasa dari perusahaan tersebut dapat meningkat.

5. Pemasaran konten
Pemasaran kontenKonten adalah suatu informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Saat ini, konten sangat di menjadi daya tarik banyak pengguna media sosial. Oleh karena itu, contoh strategi pemasaran berupa konten dapat dimasukan ke daftar selanjutnya. Contoh strategi pemasaran ini akan berfokus untuk menciptakan. Selain itu, juga akan berfokus pada distribusi sebuah konten. Perusahaan akan membuat produknya menjadi relevan, bernilai dan memiliki konsisten.

Tujuannya supaya para konsumen tertarik pada produknya. Alih-alih melakukan penawaran secara langsung, perusahaan justru memberikan informasi yang akan dibutuhkan para konsumen. Hal ini akan membuat konsumen menjadi berminat pada sebuah produk.

Pemasaran yang dilakukan melalui konten bisa diterapkan oleh semua perusahaan. Baik perusahaan kecil maupun perusahaan yang sudah besar. Akan tetapi, dalam penggunaan contoh strategi pemasaran ini, perusahaan harus memilih pembuat konten yang handal dan kompeten. Tujuannya supaya dapat menarik minat para konsumen.

Semoga Bermanfaat ...

Admin : Apriliana Sukma, SE
Web Blog : Batara Ogi




Previous
Next Post »