Poin Penting Marketing 3.0 dalam Dunia Bisnis Moderen

Ekonomi Bisnis - Pemasaran terus berkembang sepanjang zaman hingga menyentuh era pemasaran 3.0 atau marketing 3.0. Perkembangan pemasaran dari 1.0, 2.0, menuju era 3.0 mengarah kepada dua perubahan besar yang terjadi. Iwan Setiawan, dua perubahan besar tersebut adalah tren menuju sesuatu yang lebih human atau manusiawi, dan semakin horizontal.

Artinya customer lebih manusiawi. Mereka melihat konsep marketing tidak lagi seperti hanya fokus pada produk saja. Mereka melihat secara lebih luas. Ada perluasan scope dan definisi dari marketing. Marketing tadinya hanya jualan produk dan layanan, kemudian kita promosikan ada komunikasi di situ, jadi hanya fokus pada produk saja.

Marketing sekarang lebih luas karena tidak hanya melihat dari sisi konsumen, namun juga melihat sebagai manusia yang utuh. Artinya, marketing 3.0 mempertimbangkan perspektif dari konsumen, seperti melihat adanya dampak perusahan di luar dari merek yang mereka tawarkan, namun juga dampak perusahaan kepada orang terdekat konsumen.

Kemudian, marketing 3.0 lebih horizontal dibandingkan pendahulunya. Dimana, di era sekarang ini pola komunikasi untuk pemasaran tidak lagi menggunakan pesan yang secara masif disebar kepada target. Konsumen, justru lebih percaya terhadap mereka yang berada di posisi yang sama, alias peers. Mereka yang berada di posisi yang sama dengan konsumen yang paling didengarkan. Jadi korporasi dan perusahaan semakin tidak dipercaya, dan orang semakin mengandalkan opini orang lain. Jadi konsumen sekarang semakin sosial.

Dua konsep di atas bertemu, kemudian membentuk marketing 3.0. Dua tren ini menjadi landasan bagaimana marketing 3.0 terjadi di era sekarang. Keduanya bersifat universal yang artinya, tren tersebut berlaku di mana pun. 

Marketing 3.0 mendefinisikan konsumen sebagai manusia yang utuh, yang juga berarti makhluk sosial. Konsep dampak sosial atau social impact membuat konsep ini semakin berkembang, dimana banyak yang mengatakan bahwa konsep social impact adalah konsep yang sangat Amerika dan diterapkan di negara-negara dunia ketiga seperti Indonesia, yang dianggapnya lebih rendah kualitas hidupnya. Padahal tidak juga. Ini bisa berlaku di negara mana pun karena semakin banyak permasalahan sosial, marketing 3.0 ini akan semakin berkembang.

Berikut konsep atau intisari dari Marketing 3.0 yang perlu anda pahami :
  1. Mencintai Pelanggan dan Menghormati Pesaing
    Artinya adalah kemampuan untuk meraih loyalitas pelanggan dengan memberikan nilai nilai yang tinggi yang menyentuh rasa dan jiwa mereka. Keputusan konsumen untuk membeli atau tidak dipengaruhi oleh perasaan mereka. Kemudian menghormati adanya persaingan yang fair yang harus selalu dijaga.

  2. Tanggaplah Pada Setiap Perubahan dan siaplah untuk berubah
    Marketer harus siap dan berani untuk berubah karena jaman modern mempunyai sifat yang dinamis yang siap memberikan banyak kejutan dan ketidak pastian. Teknologi yang semakin berkembang membuat semua semakin pintar maka cara yang lama harus ditinggalkan dan lakukan perubahan.

  3. Menjaga Reputasi dan Pastikan Jati diri yang sebenarnya
    Branding merupakan hal yang penting dan menjadi segalanya. menjaga reputasi yaitu membangun karakter merek yang tidak hanya membangun merek tapi juga menjaga kehormatan dan daya jual.

  4. Sasarlah Pelanggan yang Mendapatkan Manfaat Paling Banyak
    Perusahaan tak perlu melayani semua orang cukup melayani mereka yang paling suap membeli produk atau jasa dengan mendapatkan manfaat yang paling maksimal

  5. Selalu tawarkan Paket yang Bagus dengan harga yang wajar
    Produk yang dijual haruslah yang berkualitad dan dengan harga yang sesuai karena sekarang pelanggan jauh lebih puntar dan lebih faham mengenai lroduk yang ingin mereka beli.

  6. Pastikan selalu ada untuk pelanggan dan sebarkan kabar baik
    Marketer harus selalu berhubungan dan pelanggan dan tidak memberikan kesulitan kepada konsumen untuk menemui perusahaan kemudian sebarkan informasi positif yang berguna bagi pelanggan.

  7. Raih pelanggan,pertahankan dan kembangkan
    Mempunyai pelanggan dan tugas marketer selesai. Tidak demikian karena tugas yang pentingnya adalah mengelola dan mempertahankan pelanggan itu.

  8. Apapun bisnisnya jadilah senantiasa bisnis pelayanan
    Semua bisnis harus bisa menyuguhkan servis yang prima kepada seluruh pelanggan dengan servis yang penuh empati dan ketulusan

  9. Senantiasa menyempurnakan Quality Cost and Delivery
    Proses bisnis harus selalu mengalami peningkatan baik dari kualitas, harga dan prosss distribusinya kepada pelanggan. Marketer harus memberikan pelayanan dari janji yang sudah diberikan.

  10. Kumpulkan Informasi yang sesuai, gunakan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan
    Marketer harus selalu memperbaharui pengetahuan yang dimiliki juga keterampilan karena selalu ada yang baru dalam kedua hal tersebut. Gunakan informasi yang didapatkan untuk menentukan langkah-langkah terbaik bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis.

    Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan riset kepada konsumen terkait produk atau layanan yang Anda berikan.
Nah itu dia konsep mengenai Marketing 3.0 yang saat ini banyak dijadikan sebagai rujukan bagi mereka yang berkutat di dunia pemasaran. Dengan memperhatikan 10 poin yang ada di atas, maka Anda akan mampu menggaet konsumen dengan produk maupun pelayanan yang berkualitas pastinya.

Admin : Febriati Rahmah, SE
Sumber : BuktiinAja




Previous
Next Post »