Ekonomi Bisnis - Dalam menerapkan strategi pemasaran produk, terdapat beberapa upaya yang wajib dilakukan oleh seorang pebisnis. Adapun sejumlah strategi pemasaran produk yang Wajib anda terapkan di Bisnis anda adalah sebagai berikut.
1. Memahami Target Pasar dan Kebutuhan Pelanggan
Salah satu contoh strategi pemasaran produk adalah memahami target pasar dan kebutuhan pelanggan. Cara satu ini bisa dilakukan dengan riset target pasar. Pelaku usaha wajib menentukan target pasarnya secara spesifik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang terjualnya produk atau jasa yang dimiliki.
2. Menawarkan Sample
Contoh metode pemasaran produk lainnya adalah dengan menawarkan sample kepada konsumen. Cara ini juga cukup efektif, karena konsumen dapat mencoba langsung produk yang dijual dan mengetahui manfaatnya. Di samping itu, apabila produk yang ditawarkan adalah jasa, pebisnis bisa menyediakan free trial kepada konsumen. Dengan begini, konsumen pun bisa lebih tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
3. Social Media Marketing
Contoh strategi pemasaran produk berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi atau biasa disebut social media marketing. Seperti penjelasan sebelumnya, media sosial adalah alat pemasaran yang cukup efektif, karena mampu menjangkau konsumen secara lebih luas. Dalam hal ini, pebisnis wajib memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, atau Facebook untuk promosi.
Di samping itu, melalui media sosial, pebisnis juga wajib berinteraksi dengan konsumen, membangun branding, dan biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Tak hanya itu, pebisnis juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk membantu memasarkan produknya.
4. Menerapkan Affiliate Marketing
Menerapkan affiliate marketing juga termasuk contoh strategi pemasaran produk yang wajib dilakukan. Cara ini dilakukan dengan memberikan sejumlah insentif kepada konsumen yang telah membeli produk tersebut dan merekomendasikannya. Insentif yang diberikan kepada konsumen pun tak harus berupa uang, tetapi juga bisa diskon atau hadiah produk. Nah, pebisnis bisa menyesuaikannya dengan alokasi dana yang dimiliki. Dengan menerapkan strategi pemasaran ini, maka penjualan pun bisa lebih meningkat, karena pembeli telah mendapatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya.
5. Word of Mouth Marketing
Berikutnya, contoh strategi pemasaran produk adalah word of mouth marketing. Cara ini dilakukan dengan menunjuk tim pemasaran untuk berkomunikasi secara langsung bersama pembeli. Nah, apabila konsumen membeli produk tersebut dan merasa puas, dirinya bisa merekomendasikannya kepada orang lain. Metode pemasaran produk ini juga dibutuhkan bagi pebisnis agar barang atau jasa yang dijualnya lebih dikenal luas oleh masyarakat.
Semoga Bermanfaat :
Admin : Zahrah Nurmala Dewi, SE
Web Blog : Kabupaten Sidrap